DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS RESEPSI PEMAKNAAN KHALAYAK MENGENAI HUBUNGAN BERDASARKAN RAGAM DALAM VIDEO KLIP 'DUNIA TIPU-TIPU' KARYA YURA YUNITA
PENGARANG:FADIA LAITSA AMANDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-21


Video klip merupakan sebuah film pendek atau video yang mendampingi alunan sebuah lagu dan berfungsi sebagai alat pemasaran dalam mempromosikan sebuah album rekaman dari para musisi. Yura Yunita, salah satu penyanyi dan penulis lagu tanah air membuat video klip untuk menggambarkan pesan dan makna dari lagunya berjudul ‘Dunia Tipu-Tipu’ menjadi ragam hubungan yang dekat dengan lingkungan kita. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana khalayak dalam memaknai atau memahami suatu pesan yang disampaikan oleh media yang kemudian diposisikan ke dalam tiga posisi menurut Resepsi Stuart Hall.

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Penelitian ini pula berfokus pada Analisis Resepsi Stuart Hall yang dilakukan dalam memaknai hubungan berdasarkan ragam yang terdapat dalam video klip ‘Dunia Tipu-Tipu’ karya Yura Yunita yang digunakan sebagai objek dalam penelitian ini. Informan dalam penelitian ini mengambil 10 khalayak dengan usia dan latar belakang yang berbeda-beda dengan menggunakan metode wawancara.

Berdasarkan hasil temuan penelitian yang telah peneliti lakukan bersama para informan, dapat disimpulkan bahwa resepsi khalayak mengenai hubungan berdasarkan video klip ‘Dunia Tipu-Tipu’, menunjukkan bahwa 10 orang atau informan secara bersama-sama menempati Posisi Dominan. Hal tersebut karena para informan setuju dengan isi pesan atau konsep yang disampaikan oleh media, yakni musik video klip secara apa adanya. Mereka juga memaknai hubungan yang terdapat dalam video klip sebagai gambaran bagaimana hubungan mereka di dunia nyata bersama orang terdekat.

 

Kata kunci: analisis resepsi, khalayak, hubungan, video klip

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI