DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI MEDIA PENDIDIKAN FORMATIF PADA VIDEO PEMBELAJARAN MATERI BAHASA INDONESIA DI KANAL YOUTUBE QUIPPER INDONESIA KELAS XI RPL SMK NEGERI 4 BANJARMASIN
PENGARANG:AHMAD ZAINUL ABIDIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-22


Abidin, Ahmad Zainul.2023. Evaluasi Media Pendidikan Formatif pada Video Materi Bahasa Indonesia di Kanal YouTuber Quipper Indonesia Kelas XI RPL SMK Negeri 4 Banjarmasin. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pembimbing: (I) Ahsani Taqwiem, M.Pd.; Pembimbing (II) Dewi Alfianti, M.Pd.

 

Kata kunci: evaluasi media, Quipper Indonesia, pembelajaran, bahasa Indonesia

 

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen dalam kegiatan pembelajaran yang dapat menunjang ketercapaian dari tujuan pembelajaran. Dalam hal ini, guru harus selektif dalam menentukan media pembelajaran dengan melakuan evaluasi media untuk menilai keefektivitasan dan keefisienannya. Maka dari itu, penelitian ini akan mendeskripsikan hasil dari Evaluasi Media Pendidikan Formatif pada Video Materi Bahasa Indonesia di Kanal YouTuber Quipper Indonesia Kelas XI RPL SMK Negeri 4 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan insturmen Evaluasi Media Pendidikan Formatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian, yaitu obervasi, tes tertulis, dan wawancara. Data pada penelitian ini adalah hasil tes tertulis dan wawancara peserta didik. Sumber data pada penelitian ini adalah 42 orang peserta didik kelas XI RPL SMK Negeri 4 Banjarmasin.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan salah satu video pembelajaran di saluran Quipper Indonesia berhasil meningkatkan pemahaman peserta didik dan membuat pengalaman belajar lebih menarik. Hal tersebut dibuktikan dari hasil pelaksanaan beberapa tahapan evaluasi, yakni Evaluasi Satu Lawan Satu, Evaluasi Kecil, dan Evaluasi Lapangan. Selain menunjukkan grafik peningkatan tingkat pemahaman, luaran lain dari pelaksanaan evaluasi adalah umpan balik untuk pengembangan media pembelajaran berdasarkan kebutuhan dari peserta didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI