DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP BURNOUT AKADEMIK PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 6 BANJARMASIN
PENGARANG:FAHRIN HAMID SIMATUPANG
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-22


Burnout Akademik sering terjadi dikarenakan adanya kejenuhan yang dialami, salah satu faktor terjadi nya gejala tersebut yaitu kurang mendapat dukungan sosial. Fenomena yang di teliti adalah gambaran  dukungan sosial dan burnout akademik pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dukungan sosial terhadap burnout akademik yang dialami pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Banjarmasin.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan jenis penelitian pengaruh. Alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dengan teknik penarikan sampel yaitu teknik random sampling. Populasi pada penelitian ini sebanyak 251 siswa dan sampel sebanyak 146 siswa dan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, dan regresi linear sederhana.

Hasil dari penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 6 Banjarmasin yaitu terdapat pengaruh antara variabel dukungan sosial dengan burnout akademik dengan nilai sig 0,000 < 0,05, kemudian terdapat kategori tinggi pada variabel dukungan sosial, dan kategori sedang pada variabel burnout akademik, dapat di simpulkan bahwa siswa yang memiliki dukungan sosial yang tinggi juga memiliki burnout akademik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI