DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Pengaruh Upah, Usia dan Pengalaman Kerja Terhadap Produktivitas Tenaga Kerja Panen di Perkebunan Kelapa Sawit
PENGARANG:NUR MUHAMMAD NAUFAL
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-22


Pemanfaatan sumber daya manusia yang melimpah dirasa belum efektif sehingga menimbulkan rendahnya produktivitas tenaga kerja di Indonesia. Sebagai salah satu upaya dalam menangani kondisi tersebut, masyarakat terdorong untuk membuka lahan perkebunan dan juga lahan pekerjaan agar dapat meningkatkan produktivitas kerja. Lahan perkebunan yang sedang berkembang adalah perkebunan kelapa sawit dimana lahan perkebunan ini mengundang masyarakat sekitar perkebunan untuk menjadi tenaga kerja (pemanen). Fokus penelitian ini yaitu tenaga kerja panen dimana peneliti memilih Perkebunan Kelapa Sawit Koperasi Jasa Profesi Cipta Prima Sejahtera Jilatan Estate, Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan yang akan diteliti.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode pendekatan survey berupa kuesioner. Teknik sampling menggunakan metode Simple Random Sampling dengan sampel penelitian adalah tenaga kerja panen di Perkebunan Kelapa Sawit Koperasi Jasa Profesi Cipta Prima Sejahtera Jilatan Estate, Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan sebanyak 30 responden. Variabel bebas dari setiap faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas tenaga kerja panen yaitu variabel upah (X1), usia (X2) dan pengalaman kerja (X3). Sedangkan variable terikat yaitu produktivitas kerja (Y). Tujuan penelitian ini yaitu untuk menentukan hubungan upah, usia dan pengalaman kerja terhadap produktivitas tenaga kerja panen pada perkebunan kelapa sawit.
Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan uji asumsi klasik, uji hipotesis dan pembahasan deskriptif menggunakan skala likert mengenai setiap pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel upah (X1) memiliki pengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja (Y), karena nilai signifikansi pada uji t adalah 0,000 < 0,05. Kemudian variabel usia (X2) memiliki nilai signifikansi sebesar 0,180 > 0,05 dan pengalaman kerja (X3) memiliki nilai signifikansi sebesar 0,146 > 0,05 yang artinya kedua variabel tersebut tidak berpengaruh signifkan terhadap produktivitas kerja (Y) perkebunan kelapa sawit Koperasi Jasa Profesi Cipta Prima Sejahtera Jilatan Estate, Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Kata kunci : Produktivitas Kerja, Perkebunan Kelapa Sawit, Koperasi Jasa Profesi Cipta Prima Sejahtera, Analisis Regresi Linear Berganda

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI