DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU BIMBINGAN DAN KONSELING (BK) DALAM MENGATASI MASALAH BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 MARTAPURA TIMUR
PENGARANG:VANIA RAMADHANTY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-24


Vania Ramadhanty, 1910414320026, (2023), Efektivitas Komunkasi Interpersonal Guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam Mengatasi Masalah Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 1 Martapura Timur. Di bawah bimbingan Bachruddin Ali Akhmad.

Permasalahan belajar merupakan permasalahan umum yang sering kali dialami oleh siswa. Maka dari itu, Guru BK hadir untuk membantu mengatasi permasalahan yang dialami oleh siswa. Sayangnya, pada praktik Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 1 Martapura Timur, masih terdapat kendala saat Guru BK berkomunikasi dengan siswa yakni kurangnya kejujuran dari siswa dalam menceritakan permasalahan yang dialaminya, oleh karena itu Guru BK pun terhalang untuk menjalankan fungsinya sebagai pengentas dengan maksimal.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, memahami, dan mengeksplorasi efektivitas komunikasi interpersonal Guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam mengatasi masalah belajar yang dialami oleh peserta didik di SMP Negeri 1 Martapura Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik Pengumpulan Data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi; serta reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sebagai Teknik Analisis Data. Penelitian ini menggunakan teori Efektivitas Komunikasi Interpersonal oleh J. A. DeVito.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Guru BK menjalankan komunikasi interpersonal dengan mengacu pada aspek-aspek teori Efektivitas Komunikasi Interpersonal, seperti keterbukaan, empati, sikap suportif, sikap positif, dan kesetaraan. Secara keseluruhan, komunikasi interpersonal Guru BK masih memiliki kendala pada aspek keterbukaan di mana masih terdapat siswa yang merasa takut untuk berbicara tentang masalah mereka dan pada aspek kesetaraan di mana tidak semua siswa bisa merasa “setara” dengan Guru BK.

Kata Kunci: Efektivitas, Komunikasi Interpersonal, Guru Bimbingan dan Konseling, Peserta Didik, Masalah Belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI