DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kesesuaian Materi Tentang Pasar bebas Sesuai Kompetensi Dasar Pada Mata Pelajaran IPS SMP Kelas IX Semester II
PENGARANG:FAJAR AVY WITJAKSONO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-26


Fajar Avy Witjaksono. 2023. Kesesuaian Materi Tentang Pasar Bebas Sesuai Kompetensi Dasar Pada Mata Pelajaran IPS SMP Kelas IX Semester II. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing I: Dr. Syaharuddin, S.Pd., M.A., dan Pembimbing II: Muhammad Rezky  Noor Handy,  S.Pd., M.Pd.

       Anggapan dasar yang melandasi penelitian dan penulisan skripsi ini adalah menemukan kesesuaian Kompetensi Dasar pada Perangkat Pembelajaran dengan Materi Ajar yang terdapat pada Buku Ajar LKS IPS Kelas IX semester II Materi Pasar Bebas. Berdasarkan konsep yang telah dimilikinya tujuan penelitian adalah sebagai berikut : 1) Untuk mendeskripsikan materi ajar tentang Pasar Bebas pada buku ajar IPS SMP Kelas IX. 2) Untuk mendeskripsikan kesesuaian materi ajar pasar bebas dengan kompetensi dasar (yaitu perilaku ekonomi dan kesejahteraan).

       Desain penelitian ini menggunakan studi tinjauan pustaka. Studi literatur review adalah cara yang dipakai untuk mengumpulkan data atau sumber yang berhubungan pada sebuah topik tertentu yang bisa didapat dari berbagai sumber seperti jurnal, buku paket ajar IPS dan pustaka lain melalui membandingkan 2 sistem antara Kompetensi Dasar yang terdapat pada RPP dengan Materi Ajar yang terdapat pada Buku Ajar.

       Berdasarkan hasil Penelitian terdapatKesesuaian Kompetensi Dasar Materi Tentang Pasar Bebas yang terdapat pada perangkat pembelajaran dengan Kompetensi Dasar Pada Mata Pelajaran IPS pada buku ajar SMP Kelas IX Semester II, yaitu: 1) Pembelajaran Pasar Bebas. Dalam kaitannya dengan belajar individual, sumber belajar memegang peran yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan belajar siswa. Hal ini untuk memperbaiki mutu pengajaran yang mana harus didukung oleh berbagai fasilitas, sumber, dan tenaga pembantu. Titik berat proses belajar mengajar terletak pada interaksi siswa dengan sumber-sumber balajar yang ada. Sedangkan guru dalam hal ini hanya sebagai penunjang atau stimultor belajar siswa.

       Diterapkannya bentuk belajar yang menghadapkan siswa kepada sejumlah sumber belajar akan memberikan manfaat. 2) Kesesuaian materi ajar pasar bebas dengan kompetensi dasar (yaitu perilaku ekonomi dan kesejahteraan). Kompetensi dasar dalam pembelajarn IPS meteri Pasar Bebas.a) Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat, b) Menyajikan hasil analisis tentang ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.

 

Kata Kunci: Studi Literatur, Pasar Bebas, IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI