DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | Efisiensi Saluran Pemasaran Ikan Laut Di Pelabuhan Perikanan Banjarmasin Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan | |
PENGARANG | : | SYAIMA MELIANTI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2023-12-27 |
Pelabuhan Perikanan Banjarmasin merupakan salah satu Pelabuhan yang
ada di Kalimantan Selatan. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Menganalisis pola
saluran pemasaran ikan laut; 2) Menganalisis efisiensi saluran pemasaran ikan laut
yang menggunakan transportasi darat di Pelabuhan Perikanan Banjarmasin.
Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan
lokasi penelitian menggunakan metode purposive sampling. Pengambilan sampel
responden menggunakan dua metode yaitu accidental sampling terhadap
penyambang/pengangkut ikan dan agen pemasaran. Metode snowball sampling
terhadap lembaga pemasaran yang terlibat. Analisis yang digunakan adalah
Analisis Saluran Pemasaran dan Analisis Efisiensi Pemasaran. Hasil penelitian ini
adalah : 1) Saluran pemasaran ikan laut di Pelabuhan Perikanan Banjarmasin terdiri
dari empat pola saluran pemasaran yaitu a. Saluran I : Penyambang–Agen–
Pengumpul Lokal/Luar Daerah–Pengecer Lokal/Luar daerah–Konsumen Akhir
Lokal/Luar Daerah; b) Saluran II : Penyambang–Agen–Pengecer Luar Daerah–
Konsumen Akhir Luar Daerah; c) Saluran III : Pick Up–Agen– Pengumpul
Lokal/Luar Daerah–Pengecer Lokal/Luar Daerah–Konsumen Akhir Lokal/Luar
Daerah; d) Saluran IV : Pick Up–Agen-Pengecer Lokal/Luar Daerah–Konsumen
Akhir Lokal/Luar Daerah. 2) Keempat pola saluran pemasaran yang ada di
Pelabuhan Perikanan semuanya efisien. Saluran pemasaran yang paling efisien
adalah saluran pemasaran IV yakni ikan kembung 1,15%, ikan lajang 1,91%, ikan
tongkol 1,43%, ikan bawal hitam 0,94%, ikan selar 2,25%, ikan kakap merah
0,86%, ikan tenggiri 0,94%, ikan kurisi 2,06%, ikan kerapu 1,36%, ikan salem
1,29%. Hal ini disebabkan biaya pemasaran yang dikeluarkan pada pola saluran
pemasaran IV ini lebih kecil dibanding dengan pola saluran pemasaran I,II, dan III.
Kata kunci : Pelabuhan Perikanan Banjarmasin, Saluran Pemasaran, Efisiensi
Pemasaran
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI