DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERANAN DAN TANTANGAN MEDIA CENTER DALAM DISEMINASI INFORMASI PUBLIK PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN BULUNGAN KEPADA MASYARAKAT TANJUNG SELOR (Studi pada Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian Kabupaten Bulungan)
PENGARANG:RIDHO FATWA DIRGANTARA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-28


Ridho Fatwa Dirgantara, 1910414210004, 2023, Peranan dan Tantangan Media Center dalam Diseminasi Informasi Publik Pemerintah Daerah Kabupaten Bulungan Kepada Masyarakat Tanjung Selor, Dibawah bimbingan Fahrianoor.

            Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menjadi tantangan dalam menentukan strategi pelaksanaan diseminasi informasi publik. DKIP Kabupaten Bulungan memiliki peran penting dalam diseminasi informasi publik yang dikelola oleh Media Center, tentunya dengan memperhatikan konsep dari diseminasi informasi yang dilaksanakan dengan elemen teori difusi inovasi.

            Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimanakah Peranan dan Tantangan Media Center dalam Diseminasi Informasi Publik Pemerintah Daerah Kabupaten Bulungan Kepada Masyarakat Tanjung Selor.

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi wawancara, observasi dan dokumen dengan menerapkan teknik analisis data Miles & Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi.

            Hasil dari penelitian ini menunjukan Sejauh ini Pemerintah Daerah Kabupaten Bulungan melalui Media Center DKIP Bulungan sudah melaksanakan diseminasi informasi public dengan maksimal walaupun menghadapi beberapa tantangan yang dapat menghambat proses tersebut, namun dengan program atau kegiatan yang dilakukan Media Center DKIP Bulungan dapat membantu proses percepatan penyampaian informasi, sehingga dapat membangun opini public yang positif.

 

Kata Kunci: Diseminasi Informasi, Difusi Inovasi, Informasi Publik, Media Center

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI