DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN GAYA BELAJAR TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) MAHASISWA PSKPS FKIK ULM
PENGARANG:FEBRINA RANNU DAWENAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-02


Mempelajari ilmu kedokteran merupakan tugas dan kewajiban yang sangat menantang dalam kehidupan seorang mahasiswa kedokteran. Gaya belajar mempunyai peranan yang penting dalam proses pembelajaran. Prestasi belajar mahasiswa dapat dilihat dalam Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara gaya belajar dengan IPK. Metode penelitian ini adalah observasional analitik dengan desain penelitian potong lintang (cross-sectional). Pengumpulan data primer untuk menentukan gaya belajar mahasiswa dilakukan dengan mengisi The VARK Questionnaire. Hasil pengisian terbagi menjadi 2 kategori. Dikategorikan sebagai gaya belajar unimodal jika salah satu dari keempat gaya belajar yang dominan yaitu Visual, Auditori, Reading/writing, atau Kinestetik dan multimodal jika memiliki lebih dari satu gaya belajar. Data IPK mahasiswa didapatkan dari medical education unit PSKPS FKIK ULM. Jumlah sampel penelitian ini adalah 215. Sebaran sampel penelitian ini adalah gaya belajar unimodal (49,3%) dan gaya belajar multimodal (50,7%) kemudian untuk IPK mahasiswa adalah IPK < 2,75 (18,1%) dan IPK ≥ 2,75 (81,9%). Berdasarkan uji chi-square, didapatkan p = 0,011. Kesimpulannya adalah terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan IPK mahasiswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI