DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN GAYA BELAJAR TERHADAP NILAI UJIAN PRAKTIKUM ANATOMI MAHASISWA PSKPS FKIK ULM ANGKATAN 2022
PENGARANG:NIRMA NIKMATUL MAULA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-02


Pengelolaan informasi pada proses pembelajaran dipengaruhi oleh gaya belajar. Kegiatan praktikum dapat menunjang pemahaman teori pembelajaran, misalnya praktikum anatomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar, khususnya metode VARK, dan nilai ujian praktikum anatomi pada mahasiswa kedokteran. Penelitian ini menggunakan desain penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional. Sampelnya adalah mahasiswa kedokteran PSKPS FKIK ULM angkatan 2022. Gaya belajar didapatkan dengan menggunakan kuesioner VARK dan pengumpulan nilai ujian praktikum anatomi. Analisis statistik uji chi-square pada software SPSS untuk menguji hubungan antar variabel kategorikal. Hasilnya menunjukkan bahwa di antara 159 peserta, 35,2% memiliki gaya belajar unimodal dan 64,8% memiliki gaya belajar multimodal. Sebanyak 96,2% peserta memiliki gaya belajar kinestetik, sedangkan 3,8% tidak. Tingkat kelulusan keseluruhan untuk ujian praktikum anatomi di atas 50%, dengan tingkat kelulusan tertinggi diamati di antara sampel yang memiliki gaya belajar multimodal dan gaya belajar dengan kinestetik. Uji hipotesis menggunakan uji fisher menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara gaya belajar kinestetik dengan nilai ujian praktikum anatomi (p=0,008). Kesimpulannya, penelitian ini menunjukkan hubungan antara gaya belajar kinestetik dan nilai ujian praktikum anatomi pada mahasiswa kedokteran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI