DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN GAYA BELAJAR TERHADAP NILAI UJIAN BLOK MAHASISWA PSKPS FKIK ULM ANGKATAN 2020
PENGARANG:YOVANKA AROYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-02


Ujian blok diadakan disetiap akhir dari sebuah blok dengan tujuan evaluasi hasil belajar. Salah satu faktor internal yang memengaruhi hasil belajar adalah gaya belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya belajar terhadap nilai ujian blok mahasiswa PSKPS FKIK ULM angkatan 2020. Metode penelitian
observasional analitik dengan desain penelitian cross-sectional. Pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik total sampling sesuai kriteria inklusi dan eksklusi. Pengambilan data primer menggunakan The VARK Questionnaire, sedangkan data
sekunder berasal dari nilai ujian blok mahasiswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji Chi-Square. Pada penelitian ini didapatkan mahasiswa pada Blok Keluhan Berkaitan dengan Sistem Muskuloskeletal yang lulus ujian blok sebesar 27,0%, Blok Keluhan Berkaitan dengan Sistem Hemopoetik dan Limforetikuler mahasiswa yang lulus 48,0%, serta Blok Keluhan Berkaitan dengan Sistem Urogenital mahasiswa yang lulus berjumlah 35,5%. Selain itu, gaya belajar dominan mahasiswa ialah gaya belajar multimodal sebesar 69,7%, sedangkan gaya belajar unimodal sebanyak 30,3%. Kesimpulan penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan antara gaya belajar terhadap nilai ujian blok mahasiswa PSKPS FKIK
ULM angkatan 2020 dengan p-value >0,05.
 
Kata-kata kunci: gaya belajar, VARK, ujian blok.
Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI