DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN GAYA BELAJAR TERHADAP NILAI TUTORIAL (Problem Based Learning) PSKPS FKIK ULM ANGKATAN 2020
PENGARANG:ARMY GUSTINA RENA LUCKY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-02


Gaya belajar adalah kombinasi antara cara seseorang menyerap pengetahuan dan cara mengatur serta memproses informasi atau pengetahuan yang diperoleh.  Mahasiswa harus mengetahui gaya belajarnya agar dapat mengoptimalkan belajarnya dan mencapai hasil yang terbaik. Problem Based Learning (PBL) adalah salah satu strategi pembelajaran aktif dari sistem pendidikan yang telah banyak digunakan dalam bidang pendidikan khususnya kedokteran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara gaya belajar dengan nilai tutorial mahasiswa PSKPS FKIK ULM angkatan 2020. Metode yang digunakan adalah observasional analitik dengan desain penelitian potong lintang (cross-sectional). Pengambilan sampel menggunakan teknik Total sampling sehingga seluruh populasi menjadi sampel penelitian. Teknik pengumpulan melalui pengisian The VARK Questionnaire dan data nilai tutorial (PBL) Blok Keluhan Berkaitan dengan Sistem Muskuloskeletal. Hasil pengisian terbagi menjadi unimodal jika dominan salah satu dari keempat gaya belajar dan multimodal jika memiliki lebih dari satu gaya belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 152 sampel, gaya belajar unimodal (30,3%) dan multimodal (69,7%). Rata-rata nilai tutorial unimodal 81,67±1,19, sedangkan multimodal 81,42±1,30. Nilai tertinggi adalah 83,88, sementara nilai terendah 77. Berdasarkan uji non-parametrik Mann Whitney didapatkan nilai Asymp. Sig (2-tailed) 0,383 > 0,05. Kesimpulan penelitian yaitu tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara gaya belajar dengan nilai tutorial (Problem Based Learning).

Kata-kata kunci: gaya belajar, VARK, Problem Based Learning, tutorial.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI