DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pola Arus Komunikasi Ketua DPP INKINDO KALSEL 2018-2022 Kepada Anggotanya
PENGARANG:MUHAMMAD ARRIZ FAZRIN NOOR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-04


Muhammad Arriz Fazrin Noor, 1710414310029, 2023, Pola Arus Komunikasi Ketua DPP INKINDO KALSEL 2018-2022 Kepada Anggotanya. Dibimbing Oleh Bachruddin Ali Akhmad dan Fahrianoor.

 Pada periodekepengurusan 2018-2022 ditemukan beberapa permasalahan komunikasi yang terjadi di DPP-INKINDO Kalsel yaitu:Kurangnya motivasi antar anggota DPP-INKINDO Kalsel dalam mengikuti perkembangan terbaru mengenai peraturan  yang sering dikeluarkan oleh pengurus pusat maupun pemerintah pusat ini, dan tidak adanya forum diskusi antar pengurus yang memudahkan pada saat melakukan sosialisasi kepada anggota.Serta ketiadaan waktu oleh ketua maupun pengurus untuk melakukan diskusi antar pengurus maupun sosialisasi kepada anggota dalam menyampaikan peraturan baru.Tujuan dari penelitian ini sendiri ialah untuk mengetahui bagaimanakah pola arus komunikasi DPP INKINDO Kalsel 2018-2022 kepada anggotanya.

Pendekatan yang digunakan untuk penelitian ini adalah pendekatan Kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan persepsi Komunikasi Organisasi Redding dan Sanborn. Informan kunci dalam penelitian ini adalah sekretaris DPP INKINDO Kalsel dan dewan pertimbangan organisasi provinsi dan informan pendukung adalah seorang anggota DPP INKINDO Kalsel.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi Ketua DPP INKINDO Kalsel 2018-2022 bersifat terbuka, transparan dan berkesinambungan. Pola Komunikasi Ketua DPP INKINDO Kalsel 2018-2022 dilihat dengan tujuh kategori yaitu Komunikasi internal, Hubungan manusia, Hubungan persatuan pengelola, Komunikasi downward (komunikasi dari ketua kepada anggota), Komunikasi upward (komunikasi dari anggota kepada ketua), Komunikasi horizontal (komunikasi dari orang-orang yang sama tingkatnya dalam organisasi), dan Keterampilan berkomunikasi dan berbicara, mendengarkan, menulis dan evaluasi program.

 

Kata Kunci: Komunikasi Organisasi, Pola Arus Komunikasi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI