DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PAKET INTERVENSI TERPADU EKSKLUSIF KEPERAWATAN PENCEGAHAN RISIKO JATUH (IPTEK PERSIJA) TERHADAP PENGETAHUAN PERAWAT (Studi Pengetahuan Perawat tentang Pencegahan Risiko Jatuh pada Pasien di RSD Idaman Kota Banjarbaru)
PENGARANG:M. ADITYA PUTRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-04


ABSTRAK

PENGARUH PAKETINTERVENSI TERPADU EKSLUSIF KEPERAWATAN PENCEGAHAN RISIKO JATUH (IPTEK PERSIJA) TERHADAP PENGETAHUAN PERAWAT

 

(Studi Pengetahuan Perawat tentang Pencegahan Risiko Jatuh pada Pasien di RSD Idaman Kota Banjarbaru)

 

M. Aditya Putra

 

Latar Belakang : Kejadian jatuh pada pasien merupakan kejadian yang paling sering terjadi  dan berkaitan dengan isu mutu dan keselamatan pasien. Tingginya kejadian pasien jatuh di rumah sakit merupakan suatu hal yang menjadi perhatian tersendiri bagi rumah sakit untuk memininalisir demi menjaga mutu dan keselamatan pasien. 

Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh paket IPTEK PERSIJA terhadap pengetahuan perawat tentang upaya pencegahan kejadian jatuh pada pasien di RSD Idaman Kota Banjarbaru.

Metode: Desain penelitian one group pre-posttest without control dengan teknik purposive sampling pada 30 responden perawat pelaksana di 9 ruangan perawatan. Instrumen menggunakan kuesioner pengetahuan risiko jatuh. Analisis bivariat menggunakan uji wilcoxon.

Hasil: Pengetahuan perawat sebelum diberikan Paket IPTEK PERSIJA yaitu pengetahuan perawat rata-rata nilai pretest responden 46,00.Pengetahuan perawat sesudah diberikan Paket IPTEK PERSIJA yaitu pengetahuan perawat rata-rata nilai postest responden 77,33.Paket IPTEK PERSIJA efektif terhadap peningkatan pengetahuan perawat tentang pencegahan risiko jatuh di RSD Idaman Kota Banjarbaru dengan p –value = 0,000 dengan batas kemaknaan (α < 0,05).

Diskusi: Intervensi yang diberikan paket IPTEK PERSIJA efektif untuk meningkatkan pengetahuan perawat. Media booklet dapat digunakan perawat untuk memberikan edukasi pada pasien dan keluarga agar kondisi pasien optimal.

 

 

Kata kunci: Intervensi,IPTEK PERSIJA, Risiko Jatuh, Pengetahuan

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI