DIGITAL LIBRARY



JUDUL:FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA BERKARIR SEBAGAI AKUNTAN PUBLIK (Studi Empiris pada Mahasiswa Program Studi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat)
PENGARANG:THATA SURYA PRAMISTY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-04


Thata Surya Pramisty  (2023). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa  Berkarir  Sebagai Akuntan Publik (Studi Empiris  pada Mahasiswa Program Studi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat).  Pembimbing  Prof. Dr. H. Fahmi Rizani, Drs, MM, Ak, CA, CPA.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa akuntansi berkarir sebagai akuntan publik. Variabel independent dalam penelitian ini terdiri dari penghargaan finansial, pelatihan profesional, pengakuan profesional,  lingkungan kerja, pertimbangan pasar kerja, personalitas, dan lingkungan keluarga. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah minat mahasiswa akuntansi berkarir sebagai akuntan publik.

Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif  S1 Akuntansi Universitas Lambung Mangkurat yang berjumlah 797 mahasiswa. Sampel pada penelitian ini sebanyak 286 responden yang terdiri dari mahasiswa angkatan 2018, 2019, dan 2020. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar kepada mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Lambung Mangkurat. Tekik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda yang diolah dengan aplikasi SPSS 26.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pertimbangan pasar kerja dan lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi berkarir sebagai akuntan publik, sedangkan penghargaan finansial, pelatihan profesional, pengakuan profesional, lingkungan kerja, dan personalitas  tidak berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi berkarir sebagai akuntan publik.

 

Kata Kunci : Penghargaan Finansial, Pelatihan Profesional, Pengakuan Profesional, Lingkungan Kerja, Pertimbangan Pasar Kerja, Personalitas, Lingkungan Keluarga, Minat Mahasiwa Akuntansi Berkarir Sebagai Akuntan Publik

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI