DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS INSTRUMEN KEPUASAN TERHADAP LAYANAN AKADEMIK DI SIMARI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN IPS FKIP ULM MENGGUNAKAN METODE RASCH MODEL
PENGARANG:MUHAMMAD GIOVANIE PERNANDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-04


ABSTRAK

 

 

Muhammad Giovanie Pernanda, 2023 Analisis Instrumen Kepuasan Terhadap Layanan Akademik Di Simari Mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS FKIP ULM Menggunakan Metode Rasch Model. Skripsi, Program studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin (Pembimbing Prof. Dr. H. Suratno, M.Pd).

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui Bagaimana kualitas instrumen pengukur pada pelayanan akademik di SIMARI FKIP ULM dan 2) Bagaimana perbandingan responden mahasiswa terhadap instrumen pada tiap program studi yang ada di jurusan pendidikan IPS. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah ditujukan kepada alat ukur kepuasan mahasiswa terhadap layanan akademik dengan jumlah subjek sebanyak 10 item (butir pertanyaan) yang direspon oleh mahasiswa dari 6 program studi yaitu ProgramStudiPendidikanEkonomi,PendidikanSejarah,PendidikanGeografi,Pendidikan Sosiologi, Pendidikan IPS, dan Pendidikan PPKN, dari jurusan pendidikan IPS didapatkan sebanyak 345 responden pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 yang dikhususkan pada angkatan 2021. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis dokumen. terhadap layanan akademik. Hasil deteksi dari pengukuran kualitas layanan akademik diperoleh hasil bahwa Penilaian kualitas pada pelayanan perpustakaan dan e-learning dapat dilakukan melalui pengisian kuesioner pada website ataupun aplikasi SIMARI ULM. Butir soal/pertanyaan yang digunakan dalam kuesioner, harus dianalisis untuk menentukan apakah soal/pertanyaan tersebut layak atau tidak untuk mengukur kualitas pada pelayanan akademik di Universitas Lambung Mangkurat.

Kata kunci :  layanan akademik, instrumen kepuasan, dan Rasch Model

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI