DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS PAKET INTERVENSI PENINGKATAN DISCHARGE PLANNING TERSTRUKTUR DAN TERINTEGRASI (PDKT) TERHADAP PENGETAHUAN PERAWAT (Studi Pengetahuan Perawat tentang Discharge Planning di RSD Idaman Kota Banjarbaru)
PENGARANG:SALMI HAYATUN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-04


ABSTRAK

 

EFEKTIVITAS PAKET INTERVENSI PENINGKATAN DISCHARGE PLANNING TERSTRUKTUR DAN TERINTEGRASI (PDKT) TERHADAP PENGETAHUAN PERAWAT

 

Salmi Hayatun

Latar Belakang: Discharge planning merupakan suatu proses yang dinamis dan sistematis untuk mendapatkan manfaat yang efektif dan tingkat kesehatan yang optimal. Pengetahuan penting untuk menunjang pelaksanaan discharge planning agar lebih optimal.

Tujuan: Mengetahui efektivitas paket intervensi Peningkatan Discharge Planning Terstruktur dan Terintegrasi (PDKT) terhadap pengetahuan perawat tentang discharge planning di RSD Idaman Kota Banjarbaru.

Metode: Desain penelitian one group pre-posttest without control dengan teknik purposive sampling pada 30 responden perawat pelaksana di 9 ruangan perawatan. Intsrumen menggunakan kuesioner pengetahuan discharge planning. Analisis bivariat menggunakan uji wilcoxon.

Hasil: Analisis data menunjukkan bahwa pengetahuan perawat pelaksana meningkat sebanyak 30 responden. Hasil analisis uji bivariat didapatkan p-value = 0,000 (α<0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa Paket Intervensi Peningkatan Discharge Planning Terstruktur danTerintegrasi (PDKT) efektif terhadap pengetahuan perawat tentang discharge planning di RSD Idaman Kota Banjarbaru

Diskusi:Intervensi yang diberikan paket intervensi PDKT efektif untuk meningkatkan pengetahuan perawat. Media booklet dapat digunakan perawat untuk memberikan edukasi pada pasien dan keluarga agar kondisi pasien optimal.

2

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI