DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KARAKTERISTIK GAYA HIDUP MINUM KOPI ANAK MUDA DI KEDAI KOPI KOTA BANJARBARU KELURAHAN LOKTABAT UTARA
PENGARANG:FIRJATULLAH RAHMADHANI RP
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-05


                ABSTRAK

Firjatullah Rahmadhani RP, 2023. Karakteristik Gaya Hidup Minum Kopi Anak Muda di Kedai Kopi Kota Banjarbaru Kelurahan Loktabat Utara. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof. Dr. H. Budi Suryadi. S.Sos.,M,Si.

Kata Kunci: Anak Muda, Kedai Kopi, Gaya Hidup.

Gaya hidup minum kopi menjadi salah satu kebiasaan bagi sebagian besar anak muda saat ini. Oleh karena itu, minum kopi juga menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari bagi sebagian besar anak muda. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui karakteristik anak muda pada gaya hidup minum kopi. (2) mengetahui karakteristik anak muda pada jenis kopi.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitataif. Sumber data yang dipilih dengan cara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data hasil penelitian menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) karakteristik anak muda pada gaya hidup minum kopi terbagi menjadi tiga yaitu: (a) aktifitas ngopi anak muda di kedai kopi (b) ketertarikan anak muda terhadap kedai kopi (c) budaya kumpul-kumpul anak muda di kedai kopi. (2) karakteristik anak muda pada jenis kopi terbagi menjadi lima yaitu: (a) preferensi rasa (b) pengaruh harga (c) tingkat pengetahuan tentang kopi (d) pengaruh gaya hidup dalam memilih jenis kopi (e) pengaruh media sosial.

Berdasarkan hasil penilitian ini disarankan : (1) Menyediakan variasi kopi yang sesuai dengan selera dan preferensi anak muda, menyediakan variasi kopi yang berbeda dengan metode brew yang unik dan kandungan rasa yang berbeda-beda dapat menjadi salah satu cara untuk menarik minta anak muda. (2) Memberikan pengalaman yang berbeda, anak muda seringkkali mencari pengalaman yang berbeda dan unik dalam minum kopi di kedai kopi atmosfer yang dihasilkan oleh kedai kopi mereka, seperti desain interior yang menarik, musik yang enak didengar dan, aktivitas yang menarik untuk dilakukan dengan begitu anak muda dengan cara ini,  anak muda dapat merasa senang dan betah untuk menghabiskan waktu di kedai kopi. (3) anak muda dapat memilih kedai kopi yang sesuai dengan preferensi dan budget. (4) peneliti selanjutnya yang memiliki ketertarikan untuk menenliti objek penelitian yang sama, dapat melakukan pengembangan penelitian untuk pengembangan penelitian yang baru.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI