DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA ISLAM TERPADU UKHUWAH BANJARMASIN
PENGARANG:Nur Haliza
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-05


Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan Indonesia diharapkan mampu menghasilkan sumber daya manusia yang dapat bersaing di kancah internasional. Namun berdasarkan hasil PISA, pendidikan Indonesia masih tertinggal dari negara lainnya. Tentunya hal tersebut tidak terlepas dari permasalahan kurikulum, yang merupakan landasan dalam melaksanakan proses kegiatan pembelajaran. Oleh karenanya, Kemendikbud mengeluarkan kebijakan baru yaitu Kurikulum Merdeka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara rinci pengimplementasian dari Kurikulum Merdeka pada pembelajaran sejarah di kelas XI-4 SMA Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun penentuan sumber datanya menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah guru sejarah kelas XI-4 dan peserta didik kelas XI-4. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Adapun pada teknik analisis data, dilakukan dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan validasi data.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran sejarah pada Kurikulum Merdeka diawali dengan guru menyusun modul ajar. (2) Pada tahap pelaksanaan pembelajaran sejarah secara keseluruhan telah sesuai dengan ketentuan dari Kurikulum Merdeka. (3) Evaluasi pembelajaran sejarah berupa asesmen formatif dan asesmen sumatif.

Simpulan dari penelitian ini yaitu proses kegiatan pembelajaran sejarah di SMA Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dari Kurikulum Merdeka.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI