DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Gambaran Tingkat Kecemasan Pada Ibu Hamil Trimester III Dalam Menghadapi Persalinan di Puskesmas Landasan Ulin
PENGARANG:NI MADE DWI ARMAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-05


ABSTRAK

GAMBARAN TINGKAT KECEMASAN PADA IBU HAMIL TRIMESTER III DALAM MENGHADAPI PERSALINAN DI PUSKESMAS LANDASAN ULIN

 

Armawati, Ni Made Dwi

 

Latar Belakang:Kehamilan adalah proses pembuahan janin dalam rahim ibu dan merupakan transisi kehidupan perempuan sebelum memiliki anak. Selain fisiologis, wanita yang hamil rentan sekali terhadap masalah psikologis, salah satunya kecemasan.

Tujuan: Untuk menggambarkan tingkat kecemasan pada ibu hamil trimester III dalam menghadapi persalinan.

Metode: Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Responden dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel penelitian sebanyak 40 orang ibu hamil trimester III di Puskesmas Landasan Ulin. Pengambilan data menggunakan kuesioner dan dianalisis univariat (frekuensi dan persentase).

Hasil: Hasil penelitian didapatkan tingkat kecemasan pada ibu hamil trimester III mayoritas mengalami kecemasan sedang dengan jumlah 18 orang (45%), 12 orang kecemasan berat sebanyak 12 orang (30%), dan kecemasan ringan sebanyak 9 orang (22,5%). Sementara itu, ibu hamil yang tidak mengalami kecemasan hanya berjumlah 1 orang (2,5%).

Diskusi: Kecemasan yang terjadi pada wanita yang akan melahirkan disebabkan karena ibu hamil harus menyesuaikan diri dengan perubahan fisik dan psikologis. Selain itu, kecemasan dapat diakibatkan karena tidak memiliki aktivitas di luar rumah sehingga hampir setiap harinya menghabiskan waktu di rumah, selain itu pada ibu yang multipara merasa trauma dengan kehamilan yang sebelumnya sehingga membuat ibu gugup lebih dari biasanya.

 

Kata kunci:Ibu hamil, Kecemasan, Trimester III.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI