DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENGGUNAAN BUSY BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMASANG SEPATU BERTALI PADA ANAK CEREBRAL PALSY
PENGARANG:AMELIA ARTA RAHAYU
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-05


ABSTRAK
Rahayu, Amelia Arta. 1910127220008. 2023. Pengaruh Penggunaan Busy Book
Untuk Meningkatkan Kemampuan Memasang Sepatu Bertali pada
Anak Cerebral Palsy. Dosen Pembimbing I: Hayatun Thaibah.
Dosen Pembimbing II: Agus Pratomo Andi Widodo.
Kata Kunci: Cerebral Palsy, Busy Book, Memasang Sepatu Bertali
Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah anak cerebral palsy di SMP Muhammadiyah 1 Banjarbaru kelas 7 masih kesulitan untuk memasang sepatu bertali dan dalam pemakaian sehari-hari anak masih dibantu oleh orang tua dan juga guru pendamping khususnya saat berada di sekolah. Latar belakang di atas membuat peneliti ingin mengetahui penggunaan busy book untuk meningkatkan kemampuan memasang sepatu bertali pada anak cerebral palsy. 
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Metode pada penelitian ini menggunakan SSR (Single Subject Research) dengan desain A-B-A yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan dalam kemampuan memasang sepatu bertali anak cerebral palsy ke arah yang lebih baik, terbukti dari data yang diperoleh selama tahap baseline (A1) dengan mean level 9, selanjutnya pada tahap intervensi (B) memperoleh mean level 7, dan pada tahap baseline 2 (A2) memperoleh mean level 4,66. Data tersebut menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan memasang sepatu bertali anak cerebral palsy.
Hasil penyajian data yang peneliti peroleh dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan memasang sepatu bertali anak cerebral palsy dengan media busy book. Peningkatan ini terlihat jelas dari kemampuan anak yang meningkat dalam setiap sesinya. Penelitian ini akan bermanfaat bagi anak, orang tua dan guru.
Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI