DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PEMBELAJARAN PENGATURAN DIRI DAN EMOSI AKADEMIK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MAN 3 BANJAR
PENGARANG:RAHMAT HIDAYAT
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-05


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis pengaruh pembelajaran pengaturan diri (self regulated learning) terhadap minat belajar, 2) menganalisis pengaruh emosi akademik terhadap minat belajar, 3) menganalisis pengaruh pembelajaran pengaturan diri (self regulated learning) dan emosi akademik terhadap minat belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas XI di MAN 3 Banjar, yang berjumlah 147 siswa. Sampel penelitian ini, sebanyak 108 siswa, dipilih berdasarkan perhitungan sesuai dengan tabel Krejcie dan Morgan. Data dikumpulkan melalui observasi dan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tidak ada pengaruh yang signifikan dari pembelajaran pengaturan diri (self regulated learning) terhadap minat belajar, 2) tidak ada pengaruh yang signifikan dari emosi akademik terhadap minat belajar, 3) tidak ada pengaruh yang signifikan dari pembelajaran pengaturan diri (self regulated learning) dan emosi akademik terhadap minat belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI