DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Kunjungan Ulang Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Nirwana Kota Banjarbaru
PENGARANG:FITRIA HIDAYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-05


Persaingan ketat di antara rumah sakit swasta menuntut pelayanan bermutu agar tetap menjadi pilihan masyarakat. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Umum Nirwana, salah satu rumah sakit swasta kelas D di Kota Banjarbaru, yang mengalami penurunan kunjungan pasien umum rawat jalan sebesar 25,68% pada tahun 2022. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kunjungan pasien agar dapat meningkatkan stabilitas finansial dan efektivitas pelayanan rumah sakit. Aspek pemasaran dalam bauran pemasaran (product, price, place, dan promotion) menjadi fokus penelitian ini. Desain penelitian menggunakan cross sectional dengan populasi adalah pasien rawat jalan dengan sampel berjumlah 82 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengambilan data menggunakan instrumen berupa kuesioner. Data dianalisis mengggunakan analisis regresi linear berganda dengan uji t dan uji f. Hasil analisis statistik uji t menunjukkan product (sig=0,035<0,05), price (sig=0,462>0,05), place (sig=0,028<0,05), dan promotion (sig=0,013<0,05). Artinya terdapat pengaruh product, place, promotion terhadap minat kunjungan ulang, namun tidak terdapat pengaruh price terhadap minat kunjungan ulang. Kemudian berdasarkan uji f didapatkan (sig=0,006<0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh product, price, place, dan promotion secara simultan (bersama-sama) terhadap minat kunjungan ulang rawat jalan di RSU Nirwana Banjarbaru dengan persentase sebesar 57%.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI