DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN PENGETAHUAN PERAWAT DENGAN PENERAPAN 6 SASARAN KESELAMATAN PASIEN (Di Ruang Rawat Inap RSUD Ratu Zalecha Martapura)
PENGARANG:AIDA NISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-05


Latar Belakang: Sasaran Keselamatan pasien adalah suatu sistem yang dibuat untuk mencegah terjadinya kejadian tidak diharapkan sebagai akibat dari tindakan yang dilakukan atau bahkan tidak dilakukan oleh tenaga kesehatan. Salah satu faktor yang mempengaruhi penerapan sasaran keselamatan pasien adalah pengetahuan. Pengetahuan seorang perawat mengenai keselamatan pasien adalah suatu parameter yang penting untuk diukur dan ditingkatkan agar mendorong pelaksanaan program keselamatan pasien dan mengurangi terjadinya insiden keselamatan pasien.

Tujuan: Untuk menganalisis hubungan pengetahuan perawat dengan penerapan 6 sasaran keselamatan pasien di ruang rawat inap RSUD Ratu Zalecha Martapura Metode: Metode kuantitatif dengan desain korelasional dan pendekatan cross sectional dengan teknik simple random sampling yang dilakukan pada 88 perawat diruang rawat inap. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner. Data dianalisis menggunakan uji fisher exact.

Hasi: Hasil analisis data menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan perawat dengan penerapan 6 sasaran keselamatan pasien di Ruang rawat inap RSUD Ratu Zalecha Martapura dengan nilai p-value > a (1,000 > 0,05).

Diskusi: Banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi penerapan sasaran keselamatan pasien selain pengetahuan, hal tersebut seperti usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, status kepegawaian, dan lama bekerja.

Kata kunci: 6 sasaran keselamatan pasien, pengetahuan perawat, penerapan 6 sasaran keselamatan pasien

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI