DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Alih Wahana Novel "Mars" Karya Aishworo Ang Menjadi Film "Mars" Karya Sahrul Gibran
PENGARANG:NOR ALFISYAHRINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-06


Alfisyahrini, Nor. 2023. Alih Wahana Novel “Mars” Karya Aishworo Ang Menjadi Film “Mars” Karya Sahrul Gibran. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. FKIP ULM Banjarmasin. Pembimbing: (1) Dewi Alfianti, M.Pd.; (2) Lita Luthfiyanti, M.Pd.

 

Kata kunci: alih wahana, ekranisasi, novel, dan film

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik serta mendeskripsikan perubahan yang terdapat dalam proses ekranisasi novel Mars karya Aishworo Ang menjadi film Mars karya Sahrul Gibran. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif komparatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Mars karya Aishworo Ang dan film Mars karya Sahrul Gibran. Data penelitian ini berupa kata, frasa, kalimat, paragraf, dan dialog yang teridentifikasi dalam unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik serta perubahan dalam proses ekranisasi novel Mars karya Aishworo Ang menjadi film Mars karya Sahrul Gibran. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalahtabel data. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data seperti teknik baca, teknik simak, dan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, membandingkan data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan terdapat unsur intrinsik, unsur ekstrinsik, dan perubahan dalam proses ekranisasi novel Mars karya Aishworo Ang menjadi film Mars karya Sahrul Gibran. Pertama, unsur intrinsik dalam novel Mars karya Aishworo Ang dan film Mars karya Sahrul Gibran terdiri atas tema, alur, latar, dan tokoh. Kedua, unsur ekstrinsik dalam novel Mars karya Aishworo Ang dan film Mars karya Sahrul Gibran terdiri atas nilai religius, nilai moral, nilai sosial, nilai budaya, latar belakang penulis/sutradara, ideologi penulis/sutradara, dan respon pembaca/penonton. Ketiga, perubahan dalam proses ekranisasi novel Mars karya Aishworo Ang menjadi film Mars karya Sahrul Gibran yang terdiri atas penciutan, penambahan, dan perubahan bervariasi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI