DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH EVA DAN MVA TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2016-2019
PENGARANG:HAYATUN NUFUS
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-08


ABSTRAK

Hayatun Nufus (2023). Pengaruh eva dan mva terhadap harga saham pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di bursa efek indonesia (bei) tahun 2016-2019. Pembimbing: Sufi Jikrillah, ST, MM, CRA, CRMP.

Tujuan penelitian ini dilakukan Untuk mengetahui pengaruh Economic Value Added (EVA) terhadap harga saham pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2016 – 2019 dan Untuk mengetahui pengaruh Market Value Added (MVA) terhadap harga saham pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2016 – 2019.

Penelitian kali ini menggunakan jenis penelitian Kuantitatif. unit analisis dalam penelitian ialah subjek yang akan diteliti adalah Harga saham pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2019. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan metode dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan pada penelitian ini adalah dengan metode  analisis kuantitatif menggunakan pengukuran Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added  (MVA).

Hasil penelitian Berdasarkan hasil pengolahan dapat disimpulkan bahwa perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2016 hingga 2019 EVA secara parsial berpengaruh signifikan terhadap harga saham. EVA menunjukan tingkat pengembalian atas modal yang lebih tinggi daripada tingkat biaya modal, hal ini berarti bahwa perusahaan mampu menciptakan nilai tambah bagi pemilik perusahaan berupa tambahan kekayaan. MVA secara parsial berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Semakin tinggi MVA, semakin baik nilai pasar perusahaan dalam menciptakan kekayaan pemilik modal.

Kata Kunci: Economic Value Added (EVA), Market Value Added  (MVA) dan Harga Saham.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI