DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak dalam Melakukan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (Studi pada Wajib Pajak PBB P-2 Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan)
PENGARANG:LYA YUNIARTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-08


RINGKASAN

 

 

Lya Yuniarti, 2023, Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Melakukan Pembayaran Pajak Bumi Dan Bangunan Pedesaan Dan Perkotaan (Studi Pada Wajib Pajak PPB-P2 Kabupaten Balangan) Pembimbing 1 Dr. Ir. Muhammad Anshar Nur, MM dan Pembimbing 2 Prof. Dr. Ahmad Yunani, SE, M.Si

 

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh secara simultan Kesadaran, Sosialisasi dan Sanksi terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Melakukan Pembayaran Pajak Bumi Dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan Kabupaten Balangan, untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh secara parsial Kesadaran, Sosialisasi dan Sanksi terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Melakukan Pembayaran Pajak Bumi Dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan Kabupaten Balangan dan untuk mengetahui dan menganalisa diantara variabel yang berpengaruh dominan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Melakukan Pembayaran Pajak Bumi Dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan Kabupaten Balangan, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan populasi sebanyak 100, sampel 100 orang dan teknik analisis data dengan instrument penelitian uji validitas, uji reliabilitas dan menggunakan regresi linear berganda.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengaruh ketiga variabel Kesadaran, Sosialisasi dan Sanksi, tersebut secara simultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Bumi Dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan. Variabel Kesadaran, Sosialisasi berpengaruh signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Bumi Dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan secara parsial, sedangkan Sanksi tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Bumi Dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan secara parsial dan Hasil penelitian menyatakan bahwa variabel yang berpengaruh dominan  terhadap Kepatuhan Wajib Pajak adalahKesadaran, Determinasi adjusted (R2) adalah 38,9% sedangkan sisanya 61,1%, hal ini menunjukkan besarnya kontribusi yang diberikan seluruh variabel bebas terhadap variabel terikatnya.

 

Kata kunci :     Kesadaran, Sosialisasi, Sanksi dan Kepatuhan Wajib Pajak.

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI