DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | TINDAK TUTUR GURU DAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMKN 2 BANJARBARU | |
PENGARANG | : | Noorain, S.Pd | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2024-01-08 |
ABSTRAK
Noorain.2023.Tindak Tutur Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran di SMKN 2 Banjarbaru.Tesis.MagisterPendidikanBahasadanSastraIndonesia.ProgramPascasarjana,Universitas LambungMangkurat, Banjarmasin. Pembimbing (I)Prof. Dr. H. Jumadi, M. Pd., Pembimbing (II) Dr.Noor Cahaya, M. Pd.
Kata Kunci: tindak tutur, strategi kesantunan, pembelajaran, guru dan siswa.
Penelitian ini bertujuan (1) untukmendeskripsikanwujud tindaktuturyangterdapatpadatuturangurudan siswadalam interaksi pembelajaran di SMKN2Banjarbaru. (2) untuk mendeskripsikan fungsi tindak tutur guru dan siswa dalam interaksi pembelajaran di SMKN2 Banjarbaru, (3) ntukmendeskripsikanprinsipkesantunandalamtindaktuturgurudansiswa dalam interaksipadaprosespembelajaran di SMKN2 Banjarbaru.
Penelitian ini merupakan penelitian pragmatik dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dari penelitianiniadalahguru dansiswadiSMKN2Banjarbaru.Datadalam penelitianiniadalahpenggunaanbahasadalam peristiwa interaksi belajar mengajarbahasaIndonesiadiSMKN 2Banjarbaru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simakbebaslibatcakap,teknik catat, dan teknik rekam, sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh simpulan bahwa wujud tindak tutur guru adalah tindak tutur direktif berupa permintaan, perintah, pertanyaan, nasihat, larangan, dan pemberian izin,; tindak tutur komisif berupa menawarkan dan mengancam; tindak tutur ekspresif menyapa, memuji, berterima kasih, mengungkapkan rasa tidak suka, dan meminta maaf; tindak tutur asertif memberitahukan, menyatakan dan menyarankan; serta tindak tutur deklaratif membenarkan sesuatu, memutuskan dan menunjuk.Tindak tutur siswa meliputi tindak tutur direktif permintaan, pertanyaan, persilaan, perintah dan permohonan; tindak tutur komisif berjanji; tindak tutur ekspresif mengungkapkan perasaan terkejut dan menyesalkan; tindak tutur asertif menyarankan, menyatakan, dan memberitahukan; dan tindak tutur deklaratif menunjuk. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan fungsi tindak tutur guru meliputi fungsi tukar menukar informasi faktual yaitu bertanya, dan mengatakan; mengungkapkan informasi intelektual, setuju dan tidak setuju; mengungkapkan sikap emosi, yaitu takut, cemas, dan simpati; mengungkapkan sikap moral, yaitu meminta maaf, dan berterima kasih; meyakinkan, yaitu menyarankan, menasihati, dan memberikan peringatan; dan sosialisasi, yaitu menyapa.Fungsi tindak tutur siswa meliputi fungsi tukar menukar informasi faktual yaitu bertanya, dan mengatakan; mengungkapkan informasi intelektual, setuju dan tidak setuju; mengungkapkan sikap emosi, yaitu, simpati; meyakinkan yaitu menyarankan. Berdasarkan hasil penelitian dalam proses pembelajaran, ditemukan bahwa guru menggunakan strategi kesantunan positif dan kesantunan negatif. Sedangkan siswa menggunakan strategi kesantunan positif.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI