DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PENERAPAN PRINSIP PARTISIPASI DAN REFLEKSI DIRI KINERJA GURU TENTANG DUKUNGANNYA TERHADAP MUTU MBS DI SMA NEGERI 8 BANJARMASIN
PENGARANG:RISMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-09


Risma. 2023.Analisis Penerapan Prinsip Partisipasi dan Refleksi Diri Kinerja Guru tentang Dukungannya terhadap Mutu MBS di SMA Negeri 8 Banjarmasin. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. (Pembimbing Maulana Rizky, SE, M.Acc, Ak. dan Dr. Ananda Setiawan, M.Pd).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana variabel manifest bisa membentuk variabel laten prinsip partisipasi dan bagaimana gambaran variabel manifest membentuk variabel laten refleksi diri kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh yaitu seluruh guru di SMA Negeri 8 Banjarmasin yang  berjumlah 51 orang terdiri dari guru PNS, Honorer, dan P3K. Teknis analisis data menggunakan SMART PLS Versi 3.2.9. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat 4 variabel manifest yang bisa membentuk variabel laten prinsip partisipasi yaitu dukungan dana, dukungan tenaga, dukungan pemikiran, dan dukungan fasilitas. Namun variabel manifest yang nilainya paling besar dalam membentuk variabel laten prinsip partisipasi yaitu variabel manifest dukungan fasilitas. Kemudian terdapat manifest yang dapat membentuk variabel laten refleksi diri kinerja guru yaitu merencanakan pembelajaran, meaksanakan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, serta membimbing dan melatih siswa. Namun, variabel manifest yang nilainya paling besar dalam membentuk variabel laten refleksi diri kinerja guru adalah variabel manifest melaksanakan pembelajaran.

Kata Kunci: Manajemen Berbasis Sekolah, Prinsip Partisipasi, Kinerja Guru

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI