DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS MODEL GROUP INVESTIGATION DIKOMBINASIKAN DENGAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER DAN MODEL MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPS DI SEKOLAH DASAR
PENGARANG:MARIYAM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-09


Mariyam. 2021. Analisis Model Group Invetigation Dikombinasikan dengan Model Numbered Head Together dan Model Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan IPSdi Sekolah Dasar. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Dr. Nina Permata Sari, S.Psi., M.Pd

 

Kata kunci:Hasil Belajar, Group Invetigation, Numbered Head Together, Make a Match.

 

                     Analisis permasalahan pada penelitian terdahulu ditemukan bahwa yang menyebabkan hasil belajar rendah pada muatan IPS adalah siswa yang kurang aktif atau pasif dalam pembelajaran, pembelajaran yang berpusat pada guru dan pembelajaran yang monoton. Permasalahan tersebut dapat diatasi pada penelitian terdahulu itu dengan menggunakan model Group Invetigation dikombinasikan dengan,model Numbered Head Togetherdanmodel Make a Match. Berdasarkan hal tersebut tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebenaran hasil penelitian terdahulu tersebut dengan menggunakan model Group Invetigation dikombinasikan denganmodel Numbered Head Togetherdanmodel Make a Matchapakah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan IPS di Sekolah Dasar.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi literatur dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui teknik studi literatur penelitian-penelitian terdahulu. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis interaktif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada fokus penelitian analisis model Group Invetigation dikombinasikan denganmodel Numbered Head Together dan model Make a Match benar dapat menikatkan hasil belajar siswa pada muatan IPS di sekolah dasar.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Invetigation dikombinasikandenganmodel Numbered Head Together dan model Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan IPS di Sekolah Dasar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI