DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN TVRI KALIMANTAN SELATAN MELALUI UNIT MULTIPLATFORM PADA PROGRAM HIDUP SEHAT SEBAGAI MEDIA PEMBERDAYAAN KESEHATAN MASYARAKAT DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DI BANJARMASIN
PENGARANG:ARIE VIDYA OKTARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-09


ABSTRAK

Arie Vidya Oktari 2022. Peran TVRI Kalimantan Selatan melalui Unit Multiplatform dalam Program Hidup Sehat Sebagai Media Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 di Banjarmasin. Pembimbing 1 : Yusuf Hidayat, Pembimbing 2 : Setia Budhi.

 

Kata Kunci : Peran, Program Hidup Sehat, Media Pemberdayaan Masyarakat

 

         TVRI Kalimantan Selatan melalui Program Hidup Sehat berupaya menjadi media pemberdayaan masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menganalisis peran TVRI Kalimantan Selatan melalui unit multiplatform dalam program hidup sehat sebagai media pemberdayaan kesehatan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 di Banjarmasin. 2) Menganalisis faktor penghambat peran TVRI Kalimantan Selatan melalui unit multiplatform dalam program hidup sehat sebagai media pemberdayaan kesehatan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 di Banjarmasin

         Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan telah dilakukan di Banjarmasin. Wawancara dilakukan terhadap 12 informan yang ditentukan secara purposive sampling. Penggalian data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisisnya dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

         Penelitian ini menemukan: 1) Peran TVRI Kalimantan Selatan melalui unit multiplatform dalam program Hidup Sehat sebagai media pemberdayaan kesehatan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 di Banjarmasin berupaya memberikan informasi kesehatan yang dapat menjadi bekal ilmu bagi masyarakat dari narasumber spesialis di bidangnya. Dari pengetahuan tersebut diharapkan masyarakat dapat berdaya dalam mengatasi gejala awal suatu keluhan penyakit serta menjaga dan meningkatkan kesehatan diri, keluarga, dan lingkungan di tengah serangan virus Covid 19. 2). Faktor penghambat peran TVRI Kalimantan Selatan melalui unit multiplatform dalam program hidup sehat sebagai media pemberdayaan kesehatan masyarakat pada masa pandemi Covid-19 di Banjarmasin adalah persaingan dengan acara televisi lain yang berbeda dalam waktu tayang yang sama dengan “ Program Hidup Sehat”, dan juga dimana masyarakat masih sibuk di kantor dan aktivitas lainnya. Minimnya promosi yang menarik juga menjadi kendala tontonan program Hidup Sehat karena masyarakat masih memilih acara hiburan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI