DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PENYUSUNAN RENCANA KERJA DAN ANGGARAN BADAN LAYANAN UMUM (STUDI KASUS PADA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT)
PENGARANG:ANNISA SHABIRA NAUFALIANY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-09


Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk untuk menerapkan salah satu teori di bidang akuntansi manajemen. Khususnya penganggaran sektor publik pada entitas akuntansi yang sesungguhnya yaitu di Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM. Secara khusus tujuan yang ingin dicapai pada penelitian Tugas Akhir ini yaitu untuk menganalisis dan mendeskripsikan prosedur penyusunan rencana kerja dan anggaran biaya yang menggunakan pola keuangan Badan Layanan Umum yang diterapkan FEB Universitas Lambung Mangkurat. Dimana dapat diketahui bahwa proses penyusunan anggaran di FEB ULM menggunakan gabungan sistem top down dan bottom up yang dimana informasi ini diperoleh melalui observasi dan wawancara langsung dengan narasumber terkait. Sistem top down merupakan penyusunan anggaran yang di mulai dari atas, yaitu dari Dekanat. Sedangkan sistem bottom up atau penyusunan yang di mulai dari bawah, yaitu dari prodi/jurusan, lembaga organisasi mahasiswa (ORMAWA), dan sub bagian.. Dapat diketahui bahwa  proses penyusunan anggaran di FEB ULM  tidak dilakukan oleh Tim Penyusun Anggaran yang secara khusus dibentuk dalam proses penyusunan RKA FEB ULM tahun 2024. Pendekatan ini menjadikan unit kerja memiliki sebuah kemampuan dalam menyusun anggaran.

 

Kata kunci –Penganggaran Sektor Publik; Penyusunan Rencana Kerja; Penyusunan Anggaran; Anggaran Biaya; Badan Layanan Umum (BLU)

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI