DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI KAMPANYE KEPALA DESA TERPILIH PADA PEMILIHAN KEPALA DESA TAHUN 2021 DI DESA ASRI MULYA KECAMATAN JORONG KABUPATEN TANAH LAUT
PENGARANG:ARYA PUTRA SETYAWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-10


Arya Putra Setyawan, 1910413210037, 2023, Strategi Kampanye Kepala Desa Terpilih Pada Pemilihan Kepala Desa Tahun 2021 Di Desa Asri Mulya Kecamatan Jorong Kabupaten Tanah Laut. Bimbingan Samahuddin Muharram.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kampanye yang efektif dalam meraih dukungan masyarakat dan memenangkan kontestasi politik di tingkat desa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teori yang digunakan yaitu teori dari Peter Schorder tentang streategi Offensive dan Defensive dalam memenangkan suatu kontestasi Pemilihan Kepala Desa. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan Kepala Desa terpilih, anggota tim kampanye, dan beberapa warga masyarakat yang terlibat dalam Pemilihan Kepala Desa. Selain itu, data juga diperoleh dari dokumen-dokumen kampanye dan hasil survei pendukung. Analisis data dilakukan dengan mengidentifikasi pola-pola strategi kampanye yang digunakan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat  memberikan gambaran yang jelas tentang bagaimana Kepala Desa terpilih menerapkan berbagai strategi untuk mencapai kemenangan dalam Pemilihan Kepala Desa .

Hasil penelitian ini yaitu memberikan kontribusi bagi pemahaman strategi kampanye politik di tingkat lokal, khususnya dalam konteks Pemilihan Kepala Desa. Implikasi praktis dari penelitian ini dapat menjadi referensi bagi calon kepala desa masa depan dan tim kampanye dalam merancang strategi yang efektif untuk memenangkan hati dan dukungan masyarakat.

Saran dari penelitian ini, Kepala Desa terpilih harus melanjutkan pendekatan inklusivitas yang telah terbukti berhasil, sambil menjaga kolaborasi erat dengan masyarakat dalam pengambilan keputusan.Bagi calon Kepala Desa Selanjutnya, sangat penting untuk mempelajari strategi kepemimpinan yang berhasil digunakan oleh orang yang dipilih sebagai Kepala Desa. Sangat penting untuk membangun hubungan yang kuat dengan komunitas, mendengarkan keinginan mereka, dan menerapkan pendekatan yang inklusif dalam pengambilan keputusan. Dan bagi penelitian yang akan datang, sangat disarankan untuk melakukan analisis menyeluruh dari strategi yang telah digunakan dalam kampanye dan bagaimana dampaknya di masa depan. Studi banding terhadap kasus-kasus serupa juga dapat memberikan pemahaman yang lebih luas mengenai strategi politik di tingkat lokal.

Kata Kunci: Strategi, Kampanye, Pemilihan Kepala Desa

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI