DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH TERAPI FINGER PAINTING TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK DI TK A KEMALA BHAYANGKARI 03 BANJARBARU TAHUN AJARAN 2023/2024
PENGARANG:ANNISA INTAN SULISTYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-10


Latar belakang: Terapi finger painting adalah metode melukis yang dilakukan
secara langsung dengan mengoleskan adonan warna menggunakan jari tangan
pada permukaan gambar tanpa alat bantu. Terapi
finger painting dapat
memberikan pengalaman sensoris langsung kepada anak sehingga dapat
meningkatkan kontrol dan kelenturan jari-jemari anak. Hal ini memberikan dampak
positif pada kesiapan anak dalam melakukan kegiatan motorik halus. Motorik halus
anak usia prasekolah sangat penting untuk dikembangkan karena akan
memengaruhi tingkat kemandirian seorang anak.
Tujuan: Mengetahui pengaruh terapi finger painting terhadap perkembangan
motorik halus anak di TK A Kemala Bhayangkari 03 Banjarbaru Tahun Ajaran
2023/2024.
Metode: Quasi experimental dengan pretest-posttest with control group design.
Sampel berjumlah 38 anak, dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok intervensi
(terapi finger painting) dan kelompok kontrol (mewarnai dengan krayon) yang
dipilih menggunakan
simple random sampling, dengan pemberian intervensi
selama 7 pertemuan. Analisis data menggunakan uji
Mann-Whitney.
Hasil: Tidak terdapat pengaruh terapi finger painting terhadap perkembangan
motorik halus anak (p=0,186, α=0,05).
Pembahasan: Terapi finger painting tidak berpengaruh terhadap perkembangan
motorik halus anak. Karena dapat disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu faktor
usia, anak melakukan stimulasi selain di penelitian, durasi dan intensitas
pemberian intervensi selama penelitian.
Kata Kunci : finger painting, motorik halus, prasekolah

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI