DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR, MOTIVASI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MUATAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PANTING MEMAKAI MEDIA LILIN SISWA SEKOLAH DASAR
PENGARANG:AKHMAD FADHILAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-10


ABSTRAK

Fadhilah, Akhmad. 2023. Meningkatkan Aktivitas Belajar, Motivasi Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Muatan IPA Menggunakan Model Panting Memakai Media Lilin Siswa Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof. Drs. Ahmad Suriansyah., M.Pd., Ph.D

Kata Kunci : Aktivitas Siswa, Motivas Siswa, Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Model PANTING

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Muatan IPA siswa SDN Kelayan Barat 3 Kota Banjarmasin. Selain itu dikarenakan rendahnya aktivitas, motivasi, dan keterampilan bepikir kritis siswa. Karena pembelajaran yang berlangsung bersifat satu arah dan kurang aktifnya peran siswa dalam pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar, motivasi, dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VB SDN Kelayan Barat 3 Kota Banjarmasin pada muatan pembelajaran IPA. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.

Hasil penelitian menunjukkan pemmbelajaran menggunakan model PANTING dapat meningkatkan aktivitas belajar, motivasi dan keterampilan berpikir kritis siswa. Hal ini dibuktikan dengan perolehan skor klasikal pada aktifitas guru pada pertemuan pertama mendapatkan persentase 69,45%, pertemuan kedua 77,8%, pertemuan ketiga 86,11%, dan pada pertemuan keempat 94,45%. Pada motivasi siswa pertemuan pertama mendapatkan skor 59,10%, pertemuan kedua, 77,26%, pertemuan ketiga 90,90%, dan pertemuan keempat 100%. Pada aktifitas siswa mendapatkan skor 45,45% pada pertemuan pertama, pertemuan kedua 68,18%, pertemuan ketiga 90,90%, dan pertemuan keempat 100%. Pada keterampilan berpikir kritis pertemuan pertama mendapatkan skor 45,46%, pertemuan kedua 54,54%, pertemuan ketiga 77,27%, dan pertemuan keempat 100%. Pada hasl belajar siswa pertemuan pertama mendapatkan skor 45%, pertemuan kedua 59%, pertemuan ketiga 77%, dan pertemuan keempat 100%. Hal ini membuktikan pada terjadi peningkatan aktivitas belajar, motivasi, dan keterampilan berpikir kritis siswa muatan IPA memakai media lilin menggunakan model PANTING.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model PANTING dapat Meningkatkan aktivitas belajar, motivasi belajar, dan berpikir kritis yang berdampak pada hasil belajar siswa pada materi kalor dan perpindahannya di kelas V SDN Kelayan Barat 3 Kota Banjarmasin dan hipotesis dapat diterima. Disarankan jika menggunakan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas belajar, motivasi, dan berpikir kritis yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI