DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Komparasi Hasil Belajar Geografi Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Dan Project Based Learning Di MA Sullamul Ulum Kabupaten Tanah Laut
PENGARANG:GINA HIDAYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-10


Hasil belajar geografi peserta didik kelas XI di MA Sullamul Ulum  masih banyak yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimum terjadi karena kurang masksimalnya penggunaan  model pembelajaran yang dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning dan project based learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment). Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent group pretest-posttest design. Subjek penelitian  yaitu siswa Kelas XI MA Sullamul Ulum jurusan IPS dengan materi pembelajaran yaitu Jenis-jenis Bencana Alam dan Penanggulangannya. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh (saturation sampling), kelas eksperimen berjumalah 19 siswa menggunakan model problem based learning dan kelas kontrol berjumlah 21 siswa menggunakan model project based learning. Hasil analisis uji T-Test dapat diketahui hasil dari nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,017, maka terdapat perbedaan hasil belajar  yang signifikan setelah digunakan model pembelajaran prolem based learning pada kelas eksperimen dan model pembelajaran project based learning  pada kelas kontrol di kelas XI MA Sulamul Ulum.

Kata kunci: Perbedaan, Hasil Belajar, Problem Based Learning, Project Based Learnig,

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI