DIGITAL LIBRARY



JUDUL:RESEPSI SISWA SMK TUNAS BANGSA TERHADAP NOVEL
PENGARANG:TRI MURTI NINGRUM KARSUN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-10


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tanggapan siswa SMK Tunas Bangsa terhadap unsur intrinsik novel Jendela Seribu Sungai dan mendeskripsikan horizon harapan siswa terhadap novel Jendela Seribu Sungai karya Miranda Seftiana dan Avesina Soebli.  

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik penyebaran kuesioner dan wawancara. Data yang dihasilkan berupa kata, kalimat, dan tanggapan siswa terhadap novel Jendela Seribu Sungai. Sumber data diperoleh dari 10 siswa kelas X yang telah membaca novel Jendela Seribu Sungai karya Miranda Seftiana dan Avesina Soebli.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tanggapan siswa SMK Tunas Bangsa terhadap unsur intrinsik berbeda-beda. Hal ini dapat dilihat dari hasil pertanyaan kuesioner terbuka mengenai unsur intrinsik novel, sehingga jawaban yang diberikan sesuai dengan pemahaman siswa setelah membaca novel Jendela Seribu Sungai karya Miranda Seftiana dan Avesina Soebli. (2) horizon harapan siswa terhadap novel Jendela Seribu Sungai. Dari sepuluh orang pembaca, enam orang menanggapi masih kurang sesuai karena tidak menyukai bagian akhir dari novel. Empat orang menanggapi bahwa novel Jendela Seribu Sungai sudah sesuai dengan harapan mereka sebagai pembaca. Hal tersebut sesuai dengan pemahaman siswa terhadap novel Jendela Seribu Sungai karya Miranda Seftiana dan Avesina Soebli.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI