DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 13 BANJARMASIN
PENGARANG:RINI APRILIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-10


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan rendahnya hasil belajar ekonomi yang diperoleh siswa kelas X di SMA Negeri 13 Banjarmasin. Hal ini diakibatkan oleh kurang bervariasinya model pembelajaran yang digunakan guru, membuat materi yang disampaikan sulit dipahami sehingga ditemukan hasil belajar siswa masih rendah atau belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal. Tujuan Dari Penelitian Ini 1. Untuk mengetahui apakah penerapan model Project Based Learning dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi Kelas X di SMA Negeri 13 Banjarmasin. 2. Untuk membandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan model Project Based Learning dengan hasil belajar siswa yang menggunakan Model konvensional (ekspositori) pada mata pelajaran ekonomi Kelas X SMA Negeri 13 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Bagian populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 13 Banjarmasin dengan mengambil sampel 71 dari populasi tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan kuesioner kepada siswa, wawancara dan observasi. Analisis data digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji Regresi Linear Sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan respon siswa yang diperoleh melalui kuesioner menunjukan kriteria tertarik terhadap pembelajaran menggunakan model Project Based Learning dengan persentase 69,72%. Project Based Learning sebagai model pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar berdasarkan uji independent sampel t-test yang menunjukkan bahwa adanyat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model Project Based Learning dengan siswa yang menggunakan menggunakan model Ekspositori (Konvensional) menggunakan taraf signifikansi 2 tailed (0,006 < 0,05). Dan dapat dilihat juga dari hasil belajar siswa dengan menggunakan uji hipotesis maka terdapat pengaruh terhadap hasil belajar Ekonomi siswa dengan model project based learning di kelas X SMA Negeri 13 Banjarmasin. Dengan F hitung = 268,887, tingkat signifikansi sebesar (0,000 < 0,05) dan kategori sangat kuat dengan persentase 88,8%. Jadi dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning pada mata pelajaran ekonomi sangat valid, sangat praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI