DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Hubungan Pemberian ASI Eksklusif Dengan Kejadian Stunting Pada Balita 3-5 Tahun (Studi Case Control di Puskesmas Lepasan Kabupaten Barito Kuala)
PENGARANG:MIA ERLIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-10


Latar Belakang: Stunting adalah gangguan pertumbuhan pada balita. Stunting masih menjadi salah satu masalah gizi utama balita di Kalimantan Selatan. Salah satu faktor yang mempengaruhi kejadian stunting pada balita adalah pemberian ASI eksklusif.

Tujuan: Untuk mengetahui hubungan pemberian ASI Eksklusif dengan kejadian stunting pada balita 3-5 tahun.

Metode: Metode kuantitatif dengan desain observasional analitik dan pendekatan case control dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 112 balita yang terdiri dari 56 responden kasus (stunting) dan 56 responden kontrol (tidak stunting). Instrumen yang digunakan berupa kuesioner, alat ukur microtoise, dan tabel TB/U menurut WHO. Data analisis menggunakan uji spearman. Tempat penelitian di poli gizi dan posyandu Puskesmas Lepasan, Kabupaten Barito Kuala.

Hasil: Terdapat hubungan yang signifikan antara pemberian ASI Eksklusif dengan kejadian stunting pada balita 3-5 tahun dengan (p = 0.00, α 0.05) dan arah hubungan negatif (rho = - 0.453).

Diskusi: ASI eksklusif bermanfaat bagi tumbuh kembang balita karena dapat memberikan asupan gizi yang cukup seperti lemak, karbohidrat, protein dan vitamin, garam dan mineral untuk balita sehingga meminimalisir terjadinya stunting pada balita.

Kata kunci: Pemberian ASI Eksklusif, kejadian stunting, balita, tumbuh kembang

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI