DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN LABA (STUDI PADA BADAN USAHA MILIK NEGARA YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2019-2022)
PENGARANG:FATIMAH AZZAHRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-10


Fatimah Azzahra (2023) Mekanisme Good Corporate Goovernance dan Pengaruhnya Terhadap Praktik Manajemen Laba (Studi Pada Badan Usaha Milik Negara Yang Terdaftar Di Bei Periode 2019-2022)

Pembimbing : Dr. Hj. Rahma Yuliani, SE, M.Si, Ak

 

            Praktik manajemen laba di sebuah perusahaan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor termasuk mekanisme good corporate governance, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari mekanisme good corporate governance yang ditinjau dari (1) Kepemilikan Institusional (2) Kepemilikan Manajerial (3) Komisaris Independen, dan (4) Komite Audit, terhadap praktik Manajemen Laba.

            Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi Badan Usaha Milik Negara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2019-2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling menghasilkan 38 sampel. Data yang digunakan adalah data sekunder dengan mengumpulkan laporan tahunan, dan laporan keuanganBadan Usaha Milik Negara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Data diolah dengan menggunakan Statistik Deskriptif, Uji Asumsi Klasik, Uji Regresi Linier Berganda, Uji Goodness of Fit, dan Uji Hipotesis (Uji t) menggunakan aplikasi IBM SPSS 26.

            Berdasarkan hasil analisis melalui Uji t, penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kepemilikan Institusional tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. (2) Kepemilikan Manajerial berpengaruh negatif signifikan terhadap manajemen laba, (3) Komisaris Independen tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, dan (4) Komite Audit berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba.

 

Kata Kunci : Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Komisaris Independen, Komite Audit, Praktik Manajemen Laba

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI