DIGITAL LIBRARY



JUDUL:FAN WAR FANS K-POP TREASURE MAKER (TEUME) (Studi Deskriptif pada Komunitas Treasure Maker (Teume) Kalsel di Kota Banjarmasin)
PENGARANG:NURSALMA NAMIRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-10


ABSTRAK

 

Nursalma Namira. 1810414620014. Fan War Fans K-Pop Treasure Maker (Teume) (Studi Deskriptif pada Komunitas Treasure Maker (Teume) Kalsel di Kota Banjarmasin). Dibawah bimbingan Astinana Yuliarti.

Penelitian ini dilakukan berdasarkan perkembangan budaya populer yang berada dalam masyarakat terutama K-Pop. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana Komunitas Teume Kalsel berkomunikasi antar anggotanya dalam menghadapi fan war yang melibatkan fandom Teume. Serta bertujuan untuk mengetahui bagaimana Komunitas Teume Kalsel dalam memperkuat solidaritas.

 

Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif untuk dapat mendeskripsikan dan menggambarkan bagaimana Komunitas Teume Kalsel berkomunikasi serta memperkuat solidaritas dalam menghadapi fan war melalui fakta saat penelitian di lapangan berdasarkan informan penelitian yang terdiri dari pengurus dan anggota Komunitas Teume Kalsel. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data lalu penarikan kesimpulan.

 

Hasil penelitian ini adalah Fan War Fans K-Pop Treasure Maker (Teume) dengan studi deskriptif pada Komunitas Teume Kalsel menunjukkan bahwa interaksi komunikasi dalam komunitas berjalan dengan lancar. Dimana komunitas dapat membatasi anggotanya apabila terjadi fanwar yang terkait dengan fandom Teume, didukung dengan adanya peran pengurus komunitas yang memiliki wewenang dalam jalannya komunikasi di dalam grup WhatsApp sebagai media komunikasi Komunitas Teume Kalsel. Selanjutnya, Komunitas Teume Kalsel sudah cukup bagus dalam memperkuat solidaritasnya dilihat dengan masih bertahannya anggota dalam komunitas ini, serta masih rajin dalam mengadakan event dalam rangka mendukung Treasure.

Kata Kunci: Fandom, Fan War, Komunitas K-Pop

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI