DIGITAL LIBRARY



JUDUL:GAMBARAN PENGETAHUAN PERAWAT TENTANG SASARAN KESELAMATAN PASIEN STROKE DI RSD IDAMAN KOTA BANJARBARU
PENGARANG:HALIMAH ASSADIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-10


Latar Belakang: Stroke merupakan penyakit yang memiliki ketergantungan yang tinggi dalam perawatan. Keselamatan pasien stroke adalah komponen penting yang digunakan untuk menilai kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit oleh perawat. Tingkat pengetahuan perawat mengenai keselamatan pasien stroke merupakan indikator penting yang mendasari pelaksanaan program keselamatan pasien. Indikator ini dapat diukur melalui pemahaman terhadap enam sasaran keselamatan pasien yang telah ditetapkan.

Tujuan: Mengetahui gambaran pengetahuan perawat tentang sasaran keselamatan pasien stroke di RSD Idaman Kota Banjarbaru.

Metode: Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif menggunakan teknik total sampling dengan jumlah sampel 112 perawat di 5 ruang rawat inap pasien stroke RSD Idaman Kota Banjarbaru. Pengambilan data menggunakan kuesioner karakteristik responden dan kuesioner tingkat pengetahuan perawat tentang sasaran keselamatan pasien stroke. Analisis data menggunakan analisis univariat.

Hasil: Seluruh responden dalam penelitian ini memliki pengetahuan yang baik terhadap sasaran keselamatan pasien stroke yaitu sebanyak 100% perawat.

Pembahasan: Perawat yang memiliki pengetahuan yang baik terhadap keselamatan pasien stroke  berpeluang besar dalam meminimalkan terjadinya  komplikasi pada pasien. Pengetahuan yang baik dalam menerapkan keselamatan pasien stroke  dapat berdampak positif pada peningkatan kualitas mutu pelayanan rumah sakit dan kepercayaan masyarakat.

Kata Kunci: Pengetahuan, Perawat, Stroke, Keselamatan pasien

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI