DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN PENGETAHUAN PERAWAT DENGAN KELENGKAPAN PENDOKUMENTASIAN CATATAN PERKEMBANGAN PASIEN TERINTEGRASI (CPPT) DI RSUD RATU ZALECHA MARTAPURA
PENGARANG:NORSASMITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-11


ABSTRAK

HUBUNGAN PENGETAHUAN PERAWAT DENGAN KELENGKAPAN PENDOKUMENTASIAN CATATAN PERKEMBANGAN PASIEN TERINTEGRASI (CPPT) DI RSUD RATU ZALECHA MARTAPURA

Norsasmita

Latar Belakang: Peran perawat dalam upaya menjaga kualitas pelayanan juga dilihat dari kemampuan menuliskan dokumentasi asuhan secara lengkap. Pengetahuan merupakan domain yang sangat penting dalam membentuk perilaku seseorang termasuk dalam proses pendokumentasian keperawatan. Tingkat pengetahuan perawat yang lebih baik akan memudahkan pengambilan keputusan saat melakukan pendokumentasian keperawatan serta meningkatkan penerapan pendokumentasian yang lengkap.

Tujuan: Mengetahui hubungan pengetahuan perawat dengan kelengkapan pendokumentasian Catatan Perkembangan Pasien Terintegrasi (CPPT) di RSUD Ratu Zalecha Martapura.

Metode: Penelitian deskriptif kuantitatif non-eksperimental. Jumlah responden 87 perawat pelaksana di ruang rawat inap RSUD Ratu Zalecha Martapura, dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan pembagian kuesioner serta observasi pada lembar CPPT secara langsung.

Hasil: Hasil penelitian menunjukan gambaran karakteristik masing-masing responden dengan pengetahuan perawat menunjukkan (90,8%) kategori baik dan pendokumentasian CPPT menunjukkan (87,4%) terisi secara lengkap. Uji statistic didapatkan p value = 0,000 artinya terdapat Hubungan Pengetahuan Perawat dengan Kelengkapan Pendokumentasian Catatan Perkembangan Pasien Terintegrasi (CPPT) Di RSUD Ratu Zalecha Martapura.

Diskusi: Hubungan pengetahuan perawat berdampak kuat terhadap pelaksanaan pendokumentasian di rumah sakit. Pengetahuan menjadi unsur yang sangat penting dalam membentuk tindakan seseorang. Ketidakpahaman yang dimiliki oleh perawat tentang pendokumentasian keperawatan dapat berdampak negatif terhadap mutu pelayanan kesehatan.

Kata Kunci: Pengetahuan, Kelengkapan dokumentasi, perawat

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI