DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MEMPROMOSIKAN WISATA RELIGI MELALUI MEDIA SOSIAL DI KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD FADHIL
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-11


ABSTRAK

 

Muhammad Fadhil. 2023. Strategi Komunikasi Dalam Mempromosikan Wisata Religi Melalui Media Sosial di Kota Banjarmasin Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintah Jurusan Komunikasi. Pembimbing: Fahrianoor  & Siswanto Rawali

 

Komunikasi yang harus dilakukan dalam mempromosikan sebuah produk atau jasa sangat penting dalam dunia usaha salah satu wisata religi. Penyampaian informasi yang baik akan dapat membuat tempat wisata tersebut dapat dikenal oleh orang baik lokal maupun internasional.

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Untuk mengetahuai strategi komunikasi yang dilakukan dalam mempromosikan wisata religi melalui media sosial di kota Banjarmasin. 2) Untuk mengetahuai faktor yang mempengaruhi komunikasi dalam mempromosikan melalui media sosial wisata religi di kota Banjarmasin.

Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Infornan penelitian dinas pariwisata, pegelola wisata religi dan pengunjung. Teknik pengumpulan data menggunakan wacawancara, observasi dan dokumentasi, analisis data menggunakan analisis interaktif.

Hasil penelitian 1) Strategi komunikasi yang dilakukan dalam mempromosikan wisata religi melalui media sosial di kota Banjarmasin,  melalui media sosial  Instagram cara koordinasinya dengan pihak pengelola wisata religi yang ada di kota Banjarmasin dan pihak dinas pariwisata. 2) Faktor yang mempengaruhi komunikasi dalam mempromosikan melalui media sosial wisata religi di kota Banjarmasin,  tidak didukung dengan sarana dan prasarana yang mendukung untuk fasilitas baik dari menuju jalan, tempat parkiran yang kurang mendukung dan penyebaran informasi tempat wisata tersebut masih kurang digiatkan. Upaya untuk mengatasi hambatan kegiatan promosi wisata Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kota Banjarmasin adalah dengan menjalin kerjasama dengan Kelompok Sadar Wisata Religi Kota Banjarmasin.

Disarankan bahwa cara yang perlu dilakukan dalam melaksanakan komunikasi yang baik dalam proses promosi wisata religi kepada konsumen akan datang.

 

 

Kata Kunci:  strategi komunikasi, mempromosikan, wisata religi, media sosial.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI