DIGITAL LIBRARY



JUDUL:“PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PERGANTIAN MANAJEMEN, UKURAN KAP, OPINI AUDIT, DAN FINANCIAL DISTRESS TERHADAP AUDITOR SWITCHING” (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2016-2020)
PENGARANG:DAMAR YAHKIN PETRA BUTAR BUTAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-11


Damar Yahkin Petra Butar Butar, (2022) Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pergantian Manajemen, Ukuran Kap, Opini Audit, Dan Financial Distress Terhadap Auditor Switching (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2016-2020)

Pembimbing : Syaiful Hifni

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor faktor yang mempengaruhi terjadinya auditor switching. Variabel independen dalam peneltian ini adalah pergantian manajemen, ukuran perusahaam opini audit financial distress dan ukuran KAP. Variabel dependen yang digunakan adalah auditor switching.

Populasi penelitian adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di bursa efek Indonesia (BEI) pada periode 2016-2020. Sampel dipilih melalui metode kriteria tertentu. Alat analisis yang digunakan adalah regresi logistik.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pergantian manajemen berpengaruh terhadap auditor switching. Sedangkan ukuran perusahaan opini audit dan financial distress tidak berpengaruh terhadap auditor switching. Koefisien determinasi sebesar 0,157 yang berarti 15,7% auditor switching dipengaruhi oleh variabel variabel tersebut, sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain. Hal ini menunjukkan masih ada variabel di luar penelitian yang dapat menjelaskan auditor switching.

 

Kata Kunci : Pergantian Manajemen, Ukuran Perusahaan, Opini Audit, Financial Distress, Ukuran KAP, Auditor Switching.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI