DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Hubungan Kecanduan Smartphone dengan Kualitas Tidur Remaja di SMP Negeri 1 Martapura
PENGARANG:NURUL HUDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-11


Latar Belakang: Semakin meningkatnya pengguna internet menandakan semakin meningkat pula kepemilikan gadget termasuk smartphone. Banyaknya fitur layanan pada smartphone menyebabkan kecanduan pada penggunanya. Kecanduan smartphone berisiko tinggi terhadap gangguan tidur dan memengaruhi kualitas tidur remaja.

Tujuan: Untuk menganalisis hubungan kecanduan smartphone dengan kualitas tidur remaja di SMP Negeri 1 Martapura.

Metode: Metode kuantitatif dengan desain korelasional danpendekatan cross sectional menggunakan teknik stratified random sampling pada 270 remaja di SMP Negeri 1 Martapura. Kuesioner yang digunakan yaitu Smartphone Addiction Scale-Short Version (SAS-SV) dan Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI). Analisis data menggunakan uji Korelasi Spearman.

Hasil: Analisis data menunjukkan adanya hubungan yang lemah antara kecanduan smartphone terhadap kualitas tidur remaja di SMP Negeri 1 Martapura dengan p-value 0,000 dan r 0,256. Sebagian besar responden mengalami kecanduan smartphone sedang dan kualitas tidur ringan.

Diskusi: Perbaikan kualitas tidur remaja karena kecanduan smartphone dapat ditingkatkan dengan menggunakan smartphone sesuai fungsi dan waktunya. Kecanduan smartphone menjadi salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kualitas tidur, hal ini karena semakin tinggi kecanduan smartphone yang dialami remaja maka semakin buruk pula kualitas tidurnya.

 

Kata Kunci: Kecanduan smartphone, kualitas tidur, remaja

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI