DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET DENGAN INTERAKSI SOSIAL TATAP MUKA PADA REMAJA DI SMP NEGERI 2 BANJARBARU
PENGARANG:ANNISA RIZKY SAPUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-11


Latar Belakang: Perkembangan teknologi yang pesat dengan adanya gadget membuat orang tua mengenalkan gadget sejak usia anak-anak. Pengguna internet tertinggi pada usia 13-18 tahun. Penggunaan gadget pada remaja dapat berdampak pada penurunan interaksi sosial tatap muka.

 

Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara intensitas penggunaan gadget dengan interaksi sosial tatap muka pada remaja di SMP Negeri 2 Banjarbaru

 

Metode: Penelitian kuantitatif non eksperimen dengan desain cross sectional. Sampel berjumlah 110 siswa yang diambil dengan teknik proportional random sampling. Instrumen menggunakan Kuesioner Intensitas Penggunaan Gadget dan Kuesioner Interaksi Sosial Tatap Muka. Analisis statistik menggunakan uji korelasi Spearman.

 

Hasil: Tidak terdapat adanya hubungan signifikan antara intensitas penggunaan gadget dengan interaksi sosial tatap muka pada remaja di SMP Negeri 2 Banjarbaru. Hasil uji korelasi didapatkan (p=0,352, α=0,05, r=0,090).

 

Pembahasan: Pada masa remaja tercapainya perilaku bertanggung jawab salah satunya adalah hal penggunaan gadget yang bisa mereka kendalikan sehingga tidak membuat interaksi sosial tatap muka menjadi berkurang dan pada masa remaja menyukai interaksi sosial secara langsung.

Kata kunci: Gadget, intensitas,interaksi sosial tatap muka, remaja

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI