DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Gambaran Pengetahuan Dan Sikap Siswa Tentang Bahaya Rokok Di SMA Negeri 1 Martapura
PENGARANG:M. FAISAL AMIRULLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-11


Latar Belakang: Masa remaja  merupakan masa yang pasti dialami oleh seseorang dimana mereka akan mengalami transisi  dari satu tahap ke tahap lainnya. Remaja tidak bisa lagi disebut anak-anak, tetapi ia belum cukup dewasa untuk menemukan gaya hidup yang paling cocok untuknya dan bahkan mereka sering melakukannya dengan metode mencoba dan mencoba walau harus melewati beberapa kesalahan. Dalam kehidupan saat ini terutama pada pelajar, merokok merupakan kegiatan yang sering terjadi pada pelajar. Kegiatan yang dianggap dapat mengurangi beban pikiran dan juga memberikan kenikmatan pada mereka yang merokok, namun disisi lain rokok dapat memberikan efek negatif bagi diri mereka sendiri bahkan juga dapat memberikan efek negatif kepada orang lain.

Tujuan: Mengetahui gambaran pengetahuan dan sikap tentang bahaya rokok pada siswa di SMA Negeri 1 Martapura.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan teknik sampling stratified random sampling.Sampel penelitian ini berjumlah 101 orang siswa. Instrumen yang digunakan yakni lembar kuesioner pengetahuan dan lembar kuesioner sikap.

Hasil: Rata-rata pengetahuan siswa tentang bahaya merokok termasuk dalam kategori cukup (60,40%). Sedangkan rata-rata sikap siswa tentang bahaya rokok termasuk dalam kategori sikap baik (94,10%).

Diskusi: Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata pengetahuan siswa cukup mengetahui tentang bahaya merokok dan memiliki sikap yang baik terkait bahaya merokok, yang menunjukkan bahwa para siswa sudah memahami tentang bahaya rokok bagi kesehatan diri sendiri dan orang lain.

 

Kata Kunci: bahaya rokok, pengetahuan, sikap

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI