DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN LITERASI DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI KECAMATAN KANDANGAN
PENGARANG:MUHAMMAD NOOR ARIPIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-12


ABSTRAK

 

Muhammad Noor Aripin, 2023. Hubungan Literasi Digital Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Kecamatan Kandangan. (Dosen Pembimbing Prof. Dr. Suratno, M.Pd).

Data indeks literasi digital tahun 2021 menunjukkan bahwa kemampuan digital dan keamanan digital berada di bawah rata-rata skor indeks literasi digital. Permasalahan utama dalam dunia pendidikan melibatkan rendahnya tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik, arus informasi yang beragam sebagai tantangan utama literasi digital, dan penggunaan smartphone tanpa pengawasan yang dapat mengganggu konsentrasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi hubungan antara literasi digital dan hasil belajar peserta didik kelas XI di SMA Negeri Kandangan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak 151 peserta didik kelas XI diambil menggunakan metode simple random sampling dari populasi sebanyak 246 peserta didik. Analisis data melibatkan teknik analisis deskriptif, analisis korelasi, dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital peserta didik di SMA Negeri Kandangan sebesar 50,99% tergolong tinggi, sedangkan hasil belajar peserta didik sebesar 42,38% tergolong sedang. Terdapat hubungan signifikan antara literasi digital dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi sebesar 50,4%, dengan nilai Pearson Correlation sebesar 0,712 (p<0,01), menunjukkan korelasi tinggi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kompetensi informasi, komunikasi, pembuatan konten, dan keamanan dalam literasi digital berhubungan signifikan dengan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan literasi digital peserta didik guna mendukung peningkatan hasil belajar, mengingat perkembangan pesat media digital dan pentingnya adaptasi terhadap perkembangan.

Kata Kunci : Literasi Digital, Kompetensi Literasi Digital , Hasil Belajar, Ekonomi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI