DIGITAL LIBRARY



JUDUL:GAMBARAN PELAKSANAAN PENCEGAHAN RISIKO JATUH PADA PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RSUD RATU ZALECHA MARTAPURA
PENGARANG:ASYIFA RAIHANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-12


Latar belakang: Mutu pelayanan keperawatan merupakan indikator kualitas pelayanan kesehatan yang menjadi salah satu faktor penentu nilai di sebuah institusi pelayanan kesehatan masyarakat. Sasaran keselamatan pasien terdiri dari 6 komponen sasaran keselamatan pasien, salah satu risiko keselamatan yang terjadi pada pasien yaitu risiko jatuh.

Tujuan: Mengetahui gambaran pelaksanaan pencegahan risiko jatuh pada pasien di ruang rawat inap RSUD Ratu Zalecha Martapura.

Metode: Penelitian deskriptif kuantitatif non eksperimental dengan menggunakan metode Cluster Random Sampling. Responden pada penelitian ini melibatkan 110 Perawat di ruangan rawat inap RSUD Ratu Zalecha Martapura. Instrumen pada penelitian menggunakan kuesioner.

Hasil: Hasil penelitian menunjukanpelaksanaan pencegahan risiko jatuh perawat sebagian dari 45 responden melakukan pencegahan risiko jatuh dengan baik sebesar (52,3%), dan 41 respoden lainnya kurang dalam melakukan pencegahan risiko jatuh dengan hasil (47,7%). Dengan hasil total 86 (100%) responden.

Diskusi: Pemantauan dan pencegahan risiko jatuh harus menjadi fokus utama dalam upaya meningkatkan keamanan pasien dalam penerapan pelaksanaan dalam mengurangi risiko jatuh dipengaruhi oleh beberapa faktor.

 

Kata Kunci: Pelaksanaan, Pencegahan, Rawat Inap, Risiko Jatuh

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI